Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Untuk Sekolah Dasar
Kelas
I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak
dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana,
serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan
gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta
nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
2. Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam posisi berdiri
2.2 Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam posisi berjalan
|
3. Mempraktikkan senam
lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
3.2 Mempraktikkan
gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
4. Mengungkapkan
perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di
dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan
gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
5. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2 Mengenal
pentingnya imunisasi
|
Kelas I,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola
dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab
dan toleransi
6.2 Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
6.3 Mempraktikkan
gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan
kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
|
7. Membiasakan
penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
7.1 Membiasakan
penampillan sikap tubuh dalam posisi diam
7.2 Membiasakan
penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
8. Mempraktikkan
gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
8.2 Mempraktikkan
gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan
benar serta nilai disiplin
|
9. Menampilkan
perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di
dalamnya
|
9.1 Menampilkan
gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian
secara individu, serta nilai estetika
9.2 Menampilkan
gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian
secara berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
|
10. Mempraktikkan
dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
aktivitas dasar di air
10.2 Mempraktikkan
berbagai permainan di air dangkal disertai nilai percaya diri,
kebersihan, dan disiplin
|
11. Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai
yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama,
dan kebersihan lingkungan
11.2 Mempraktikkan
berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai
disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat
11.3 Mempraktikkan
pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
|
12. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
12.1 Menjaga
kebersihan gigi dan mulut
12.2 Mengenal makanan
sehat
|
Kelas II,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar
jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan
nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan
menghargai diri sendiri
1.2 Mempraktikkan gerak dasar
memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana
serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan
dan memahami diri sendiri
1.3 Mempraktikkan gerak
dasar melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai
arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
|
2. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan
satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai
dengan mengikuti aturan
2.2 Mempraktikkan
berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta
nilai disiplin dan estetika
2.3 Membiasakan
bergerak dengan benar
|
3. Mempraktikkan senam
ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan senam
ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat: melompat
dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
3.2 Mempraktikkan
senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
|
4.
Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan
dengan arah dan ruang dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan dengan
diiringi musik , dan nilai kerja sama
4.2 Mempraktikkan
gerak ritmik diorientasikan dengan ruangsecara
beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerja sama
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan rambut, hidung, dan telinga
5.2 Memilih
makanan bergizi
|
Kelas II , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Mempraktikkan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
6.1
Mempraktikkan latihan dasar untuk meningkatkan kekuatan otot
dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan
6.2
Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih kelentukan persendian anggota badan
bagian atas dengan mengikuti aturan
|
7. Mempraktikkan
senam ketangkasan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
7.1
Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat
saat di udara, melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan
faktor keselamatan
7.2 Mempraktikkan
rangkaian gerak senam ketangkasan sederhana: berjalan dan berguling ke depan,
memindahkan berat tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol
yang baik
|
8. Mempraktikkan
keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dengan menggunakan
atau tanpa musik, memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara
berpasangan, menggunakan atau tanpa musik, serta nilai kerjasama, dan disiplin
8.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara
beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerjasama, dan disiplin
|
9. Mempraktikkan
gerak dasar renang, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
9.1 Mempraktikkan
gerak lengan dan tungkai untuk mengangkat tubuh di dalam air
9.2 Mempraktikkan
keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri di air serta memperhatikan faktor
keselamatan diri dan orang lain, serta nilai kebersihan
9.3 Mempraktikkan
gerak dasar renang: mengapung, menenggelamkan diri di dalam air, dan
bernapas, serta nilai disiplin
|
10.
Mempraktikkan kegiatan jasmani di lingkungan di sekitar sekolah, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
10.1
Mempraktikkan
berbagai aktivitas fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan,
kesehatan dan keselamatan
10.2 Mengikuti
rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan memperhatikan
faktor keselamatan, kerjasama dan disiplin
10.3 Membiasakan
menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
|
11.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
11.1 Menjaga
kebersihan tangan dan kaki
11.2 Mengenal
cara makan sehat
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerja sama
1.2 Mempraktikkan
kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan
sederhana, serta aturan, dan kerja sama
1.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi
yang baik dalam permainan sederhana,serta aturan, dan kerja sama
|
2. Mempraktikkan
aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai nilai yang terkandung
didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada
secara sederhana serta nilai disiplin
2.2 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta
nilai disiplin
|
3. Mempraktikkan
gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan,
disiplin dan keberanian
3.2 Mempraktikkan
gerak kombinasi senam ketangkasan dasar, serta nilai keselamatan, disiplin
dan keberanian
|
4. Mempraktikkan
gerak dasar melaului aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa
musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
4.2 Mempraktikkan
gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana
beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin
dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan pakaian
5.2 Mengenal
kebutuhan tidur dan istirahat
|
Kelas III,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordinasi yang baik
dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan badan
dengan koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar
memvoli, memantulkan, menendang,
dan mengontrol bola dengan
koordinasi yang baik dalam permainan
sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan
atau diri sendiri, dan bersedia
berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
|
7. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta
nilai disiplin, dan keselamatan
7.2 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak, dan nilai
disiplin
|
8.
Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa alat, dan nilai disiplin
8.2
Mempraktikkan senam ketangkasan yang agak kompleks menggunakan alat, dan
nilai disiplin,
|
9. Mempraktikkan
gerak ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan
atau tanpa musik, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
gerak lokomotor dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu
secara individual dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya
diri dan disiplin
9.2 Mempraktikkan
gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang berorientasi pada arah, ruang dan
waktu secara beregu dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya
diri,
disiplin dan kerjasama |
10. Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya dada, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai
kebersihan
10.2 Mempraktikkan
cara bernapas renang gaya dada dan nilai kebersihan
10.3 Mengkombinasikan
gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan
|
11.
Mempraktikkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1
Mempraktikkan gerak lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin,
kerjasama, memperhatikan faktor keselamatan
11.2
Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di
lingkungan sekolah
11.3
Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan
aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1
Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza
12.2
Mengenal cara menggunakan peturasan
|
Kelas IV,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2
Mempraktikkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat,
percaya diri dan disiplin**)
1.3.
Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan
kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan latihan untuk
meningkatkan kebugaran
dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
2.1
Mempraktikkan aktivitas permainan
sederhana untuk
melatih daya tahan dan kekuatan
otot, serta nilai kerja keras, dan disiplin
2.2
Mempraktikkan aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi,
serta nilai kerja keras, dan disiplin
|
3.
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai yang lebih kompleks dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai tanpa alat dengan
memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta
keberanian
3.2
Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dengan alat dengan
memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta
keberanian
|
4.
Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan
dengan menggunakan musik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara
beregu menggunakan musik,serta nilai estetika
4.2 Mempraktikkan
keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik,
serta nilai estetika
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan lingkungan rumah dan sekolah
5.2 Membiasakan
membuang sampah pada tempatnya
|
Kelas IV,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola
kecil beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja
sama regu, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan
gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola
besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja
sama regu, sportivitas, dan kejujuran**)
|
6.3 Mempraktikkan
gerak dasar atletik yang dimodifikasi: lompat, loncat dan lempar,
dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri,
dan kejujuran**)
|
|
7. Mempraktikkan
latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk meningkatkan keterampilan dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan
dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan
aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan
kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja
keras, disiplin, kerja sama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan
senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerja sama dan estetika
8.2 Mempraktikkan
senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi
yang baik serta nilai disiplin dan kerja sama
|
9. Mempraktikkan
keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan
menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1
Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu
menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika.
9.2
Memperbaiki kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara
beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama,disiplin dan estetika
|
10. Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
|
10.1
Mempraktikkan gerak dasar; meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan
lengan serta nilai kebersihan
10.2
Mempraktikkan cara bernapas dalam renang gaya bebas
10.3
Mengkombinasaikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya bebas
10.4
Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air
|
11.
Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
berbagai keterampilan yang sesuai untuk kegiatan perkemahan, serta nilai
kerja sama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti aturan
11.2
Mempraktikkan aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan
11.3 Mempraktikkan pola hidup sehat
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1
Mengenal berbagai upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan
12.2
Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit seperti
nyamuk dan unggas
|
Kelas
V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai
kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan
variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar, serta nilai
kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan
variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai semangat,
sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan
aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian atas, serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
2.2 Mempraktikkan
aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta
nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
3. Mempraktikkan
berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
latihan peregangan dan pelemasan yang benar sebelum memulai aktivitas
senam,serta nilai percaya diri, dan disiplin
3.2 Mempraktikkan
bentuk-bentuk senam ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai nilai
percaya diri dan disiplin
|
4. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan pola
jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya
diri, dan disiplin
4.2 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik,
serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
5. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal cara
menjaga kebersihan alat reproduksi
5.2 Mengenal berbagai
bentuk pelecehan seksual
5.3 Mengenal cara
menjaga diri dari pelecehan seksual
|
Kelas
V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai
variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang
dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta
nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan
variasi teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola
kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan
variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat,
sportivitas, kerjasama, percaya diri dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan
aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam
ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan
koordinasil yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
8.2 Mempraktikkan
bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol
yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
9. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar
dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak
berirama , serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak berirama
terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama, percaya diri,
dan disiplin
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya
punggung, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai,
menggerakkan lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
10.2 Mempraktikkan
kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung, serta nilai
keberanian dan percaya diri
|
11.
Mempraktikkan
penjelajahan di linkungan sekitar sekolah,
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1
Mempraktikkan pembuatan rencana kegiatan penjelajahan
11.2
Mempraktikkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di
lingkungan sekolah yang sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan,
kebersihan, dan etika
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1
Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan
12.2
Mengenal bahaya miruman keras
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang
dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol
yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama,
sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan
gerak dasar salah satu permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang
baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas,
dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan
koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan
yangdimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan
kejujuran
|
2. Mempraktikkan
latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani), dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya |
2.1 Mengidentifikasi
anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur
2.2 Mempraktikkan
berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan kerja keras
2.3 Mempraktikkan
jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh,
serta nilai keselamatan, disiplin, kerjakeras
|
3. Mempraktikkan
kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
|
3.2 Mempraktikkan
rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus,
jelas dan lancar, serta nilai percaya diri, disiplin dan estetika
|
|
4. Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan, dan beregu, serta nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat
secara berpasangan, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika
4.2 Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama,
disiplin dan estetika
|
5. Menerapkan budaya
hidup sehat
|
5.1 Mengenal
bahaya narkoba
5.2 Mengenal
cara menghindari bahaya narkoba
|
Kelas VI,
Ssmeste 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam
permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah
satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah
satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan pengembangan koordinasi
beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas
kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1
Mempraktikkan
sikap hidup sehat
untuk memelihara
kondisi kesehatan
7.2
Mempraktikkan
peregangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta
nilai disiplin.
7.3
Mempraktikkan
aktivitas kondisi fisik secara terencana dan sungguh sungguh
7.4 Mempraktikkan aktivitas secara
berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan,
disiplin dan kerja keras
|
8. Mempraktikkan
kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai
dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin,
dan kerjasama
8.2 Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam
lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta
nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
|
9. Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana secara berpasangan maupun beregu, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak ritmik
sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun meliuk secara
berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
9.2 Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik
sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan
dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
|
10. Mempraktikkan
gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai maupun lengan renang
gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian,
disiplin, dan kebersihan
10.2 Mempraktikkan
cara bernapas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan
kebersihan
10.3 Mempraktikkan
kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada,
serta nilai keberanian dan disiplin
10.4
Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air
|
11.Mempraktikkan penjelajahan dan perkemahan di alam
bebas, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan aktivitas
penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung
jawab, disiplin, dan keselamatan
11.2 Mempraktikkan
pemasangan kemah bersama, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin,
dan keselamatan
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1
Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba
12.2
Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual
|
Keterangan
1. *) Diajarkan sebagai
kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
**) Materi
pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan
sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan
atau semester 2
2. Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap salah satu atau
beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler
Tidak ada komentar:
Posting Komentar