Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Untuk SMA
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk
sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan keterampilan
bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan
keterampilan salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan
menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan
keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri**)
1.4 Mempraktikkan
keterampilan salah satu cabang olahraga bela diri serta
nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)
|
2. Mempraktikkan
latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan
kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan latihan
kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam
bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya
diri
2.2 Mempraktikkan tes
kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya
diri.
2.3 Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar
|
3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan
menggunakan bantuan serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, menghargai teman
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa
alat serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab
|
4. Mempraktikkan
aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1
Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada
aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi
dan keluwesan
4.2
Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa
alat dengan koordinasi gerak yang benar serta nilai disiplin,
toleransi dan estetika
|
5. Mempraktikkan
salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
5.1
Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin,
keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
5.2
Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam
dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab,
dan kerja keras
|
6. Mempraktikkan
perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam
bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
6.1
Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah
pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama,
toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok
6.2
Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan kegiatan penjelajahan di
pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong
menolong, keputusan dalam kelompok
6.3
Mempraktikkan keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat
|
7. Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1
Menganalisis bahaya penggunaan narkoba
7.2 Memahami berbagai peraturan
perundangan tentang narkoba
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk
sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu
permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, percaya diri **)
8.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu
permainan dan olahraga bola kecil dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya
diri**)
8.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.4 Mempraktikkan keterampilan olahraga bela
diri serta nilai kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya
diri**)
|
9. Mempraktikkan
latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan
kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan berbagai bentuk
kebugaran jasmani sesuai
dengan kebutuhan serta nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin,
dan percaya diri
9.2 Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat
kebugaran serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab,
disiplin, dan percaya diri
|
10. Mempraktikkan
keterampilan rangkaian senam
lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan
keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai
percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
10.2 Mempraktikkan
keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
11. Mempraktikkan aktivitas
ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai nilai yang terkandung
di dalamnya
|
11.1 Mempraktikkan
kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik
berirama tanpa alat serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan
estetika
11.2 Mempraktikkan
rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak serta
nilai disiplin, toleransi, keluesan dan estetika
|
12. Mempraktikkanketerampilan
beberapa gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
12.1 Mempraktikkan kombinasi
teknik renang gaya dada, gaya bebas dan salah satu gaya lain serta
nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
12.2 Mempraktikkan keterampilan
dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru
(RJP) serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
|
13. Mempraktikkanperencanaan
penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
13.1 Mempraktikkan keterampilan
dasar-dasar kegiatan menjelajah gunung serta nilai tanggung jawab,
kerjasama, toleransi, tolong-menolong, dan melaksanakan keputusan dalam
kelompok
13.2 Mempraktikkan keterampilan
dasar penyelamatan penjelajahan di pegunungan serta nilai tanggung
jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan
kelompok
13.3 Mempraktikkan
keterampilan penjagaanlingkungan yang sehat
|
14. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
14.1 Menganalisis
dampak seks bebas
14.2 Memahami
cara menghindari seks bebas
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya.
|
1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu
permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri **)
1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik
bermain salah satu permainan olahraga bola kecil secara
sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, kerja
keras dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan
keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras
dan percaya diri **)
1.4 Mempraktikkan keterampilan
teknik penyerangan salah satu permainan olahraga bela diri serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya
diri**)
|
2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk
meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara
pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power
dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes untuk kelincahan, power dan
daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab,
disiplin, dan percaya diri
|
3. Mempraktikkan
keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
keterampilan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan
alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab,
menghargai teman
3.2 Mempraktikkan
keterampilan rangkaian senam ketangkasan tanpa menggunakan
alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab,
menghargai teman
|
4. Mempraktikkan
aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan
koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan dan estetika
4.2 Mempraktikkan
keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai
disiplin, toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika
|
5. Mempraktikkan
salah satu gaya renang dan loncat indah dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan
keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama, dan
kerja keras
5.2 Metakukan
keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan
teknik serta nilai disiplin, keberanian dan kerja keras
|
6. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
6.1 Memahami
bahaya HIV/AIDS
6.2 Memahami cara
penularan HIV/AIDS
6.3 Memahami cara
menghindari penularan HIV/AIDS
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7. Mempraktikkan
berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik , dan
nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras
dan percaya diri **)
7.2. Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil serta
nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri**)
7.3. Mempraktikkan teknik
salah atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
7.4. Mempraktikkan
keterampilan teknik salah satu permainan olahraga bela
diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya
diri.**)
|
8. Meningkatkan
kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai
tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
8.2 Mempraktikkan
peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran
jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan
percaya diri
8.3 Mempraktikkan
tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta
nilai tanggungjawab, disiplin,
dan percaya diri
|
9. Mempraktikkan
keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat
lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab,
menghargai teman
9.2 Mempraktikkan
keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan
alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab dan menghargai teman
|
10.Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang
baik dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan
koombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta
nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
10.2 Merangkai aktivitas
ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan
|
11.Mempraktikkan dasar
pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
11.1 Mempraktikkan
keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerja
sama serta keberanian
11.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi
Jantung dan Paru (RJP) serta nilai
disiplin dan tanggungjawab
|
12.Mempraktikkan perencanaan
dan keterampilan penjelajahan, dan penyelamatan di alam bebas dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
12.1 Mempraktikkan
keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan
12.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai
disiplin, tanggungjawab dan keselamatan
|
13. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami
cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
13.2 Menerapkan
pola hidup sehat
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang
sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar
lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toeleransi, kerja
keras dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan
teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, percaya diri **)
1.4 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bela
diri secara berpasangan dengan peraturan yang
sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai lawan,
kerja keras, percaya diri dan menerima kekalahan**)
|
2. Mempraktikkan
perancangan aktivitas pengembangan untuk peningkatan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani
|
2.1 Merancang
program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani serta
nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Melaksanakan
program latihan fisik sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang
benar serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
|
4. Mempraktikkan
satu rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu
dengan diiringi musik dan nilai nilai yang yerkandung di dalamnya
|
4.1. Mempraktikkan
keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama,
kedisiplinan, percaya diri, keluwesan, dan estetika
4.2 Mempraktikkan
keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan
musik serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan,
dan estetika
|
5. Mempraktikkan
berbagai gaya renang lanjutan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan
keterampilan renang gaya dada lanjutan serta nilai
disiplin, kerja keras dan keberanian
5.2 Mempraktikkan
keterampilan renang gaya bebas lanjutan serta nilai
disiplin, kerja keras dan keberanian
5.3 Mempraktikkan
keterampilan renang gaya punggung lanjutan serta nilai
disiplin, kerja keras dan keberanian
5.4 Mempraktikkan
keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai disiplin,
kerja keras dan keberanian
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan
peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran,
menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)
6.2 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan
peraturan sebenarya serta nilai kerjasama, , kejujuran, menerima
kekalahan kerja keras dan percaya diri**)
6.3 Mempraktikkan
keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima
kekalahan,kerja keras dan percaya diri**)
6.4 Mempraktikkan
keterampilan bela diri secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang
sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan
kerja keras dan percaya diri**)
|
7. Memelihara
tingkat kebugaran jasmani yang telah dicapai dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani
7.2 Mempraktikkan
membaca hasil tes bedasarkan tabel yang cocok
|
8. Mengkombinasikan
rangkaian gerakan senam lantai dan senam ketangkasan dengan
alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
rangkaian gerakan senam lantai serta nilai percaya dirim, tanggung
jawab, kerja sama, dan percaya kepada teman
8.2. Mempraktikkan
rangkaian gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai
percaya diri, tanggungjawab, kerja sama, dan percaya kepada teman
|
9. Mempraktikkan
satu rangkaian gerak berirama secara beregu dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
rangkaian gerak senam aerobik dengan iringan musik serta
nilai kerjasama, disiplin, keluwesan dan estetika
9.2 Mempraktikkan
senam irama tradisional sesuai budaya daerah secara berkelompok serta
nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan dan estetika
|
10. Mempraktikkan
keterampilan penguasaan berbagai teknik gaya renang dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan bermain di air dengan
peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif, jujur,
toleran, kerja keras, dan keberanian
10.2 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang
untuk estafet sesuai dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin,
sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.3 Mempraktikkan
keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan pertolongan serta nilai
disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
|
11. Mengevaluasi
kegiatan luar kelas/sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
11.1 Mengevaluasi kegiatan di sekitar sekolah serta
nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan
demokrasi
11.2 Mengevaluasi kegiatan
di alam bebas serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati,
toleransi, etika, dan demokrasi
11.3 Mengevaluasi kegiatan
kunjungan ke tempat-tempat bersejarah serta nilai percaya diri,
kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.4 Mengevaluasi kegiatan
karya wisata serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling
menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
|
12. Mempraktikkan
budaya hidup sehat
|
12.1 Mempraktikkan pola hidup sehat
12.2 Menampilan
perilaku hidup sehat
|
Keterangan
1. *) Diajarkan sebagai
kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan
kondisi sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas
dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat
dilakukan dalam semester 1 dan atau semester 2
2. Untuk pembinaan
peserta didik yang berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu
dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler
Tidak ada komentar:
Posting Komentar